Sunday 14 January 2018

Psikotest


Beberapa Psikostes dan Tips mengerjakannya

Dalam melakukan perekrutan karyawan atau kenaikan posisi suatu misal di Perusahaan Perkebunan dari karyawan pelaksana menjadi karyawan pimpian biasanya dilakukan penjaringan karyawan dari dalam perusahaan .
Dalam penjaringan karyawan dari dalam perusahaan setelah lulus dari seleksi adminitrasi maka akan dilakukan seleksi melalui test pskilogi baik secara tertulis maupun wawancara serta test tertulisi / wawancara mengenai pengetahuan dan pengusaan tentang pekerjaannya, namun disini akan saya uraikan mengenai beberapa macam test psikologi yang pernah saya jalani.
Test Psikologi/Psikotest adalah salah satu alat untuk mengukur hal-hal tertentu seperti karakter, ketelitian,gaya bekerja, daya tahan dan keuletan bekerja dan lain-lain. Psikotest merupakan salah satu produk ilmu psikologi yang saat ini banyak digunakan oleh perusahaan dalam melakukan perekrutan karyawan pimpinan yang sesuai dengan posisi jabatan yang akan di tempati dan merupakan salah satu alat untu melakukan seleksi karyawan baik dari luar maupun dari dalam perusahaan.
Pskikotes bukan untuk menilai siapa yang paling baik nilainya namun untuk melihat hal-hal yang berhubungan psikologi , dari psikotes juga dapat diketahui apakah kita berbohong atau tidak.
Beberapa tips untuk mengikuti psikotest :
  • Siapkan mental jangan tegang
  • Jaga kondisi kesehatan
  • Teliti dan cermat dalam mengerjakan / jagan banyak menghapus
  • Jujur
  • Jangan mencontek karena biasanya penguji akan mengawasi tindak tanduk dari peserta  ujian.
  • Siapkan alat tulis dengan lengkap .
  • Ikuti petunjuk /arahan yang diberikan oleh penguji.

Macam – macam psikotest yang saya alami pada saat perekrutan karyawan pimpinan dari karyawan pelaksana antara lain :

1.  Pilihan ganda test penalaran , test logika aritmatika dan Analog verbal test

Untuk mengerjakan soal ini jangan sampai terpaku pada satu soal sehingga waktu habis pada soal tersebut ingat waktu yang diberikan/keterbatasan waktu, yang paling dibutuhkan adalah konsentrasi dan kerjakan yang lebih mudah dulu.
Untuk berlatih test ini dapat dilakukan dengan mempelajari dari buku-buku test masuk ujian perguruan tinggi atau masuk CPNS  dan pada waktu itu saya diberi buku oleh saudara dan teman saya yang telah menjadi karyawan pimpinan terdahulu (Mas Naim namanya)

2. Test koran / Pauli Kraepelein,

Test ini untuk mengukur tingkat kedewasaan yang berhubungan dengan konsistensi, stabilitas dan kecepatan dalam melakukan pekerjaan , daya tahan/keuletan , Emosi, sikap terhadap tekanan . Untuk mengerjakan test ini diperlukan ketelitian , ritme pengerjaannya dan konsentrasi.
Test ini berupa angka-angka yang tersusun berbentuk lajur dari atas ke bawah , Peserta diminta untuk menjumlahkan angka yang berdekatan pada setiap kolom dan menuliskan hasil dari penjumlahan tersebut disampingnya.
Sebaiknya sebelum mengerjakan test ini peserta hendaknya betul – betul mendengarkan arahan dari penguji.
  
Contoh : Test Koran










3. Dam Test (Draw Aman Test)

Adalah test menggambar seseorang yang sedang melakukan suatu aktivitas dan menguraikan atau membubuhkan keterangan mengenai gambar tersebut  berapa usianya, jenis kelamin dan  apa yang sedang dilakukan (aktifitas orang tersebut), biasanya disampaikan oleh penguji mengenai apa saja keterangan yang dibubuhkan.
Pada test ini biasanya penguji memberi sebuah kertas kosong.
Tips dalam mengerjakan test ini :
  •  Dengarkan arahan
  • Gambarlah manusia secara utuh dan detail spt mata, hidung, telinga ,bentuk bibir, mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut.
  • Menggambar manusia yang sedang melakukan suatu aktivitas misalnya seorang asisten yang membawa tas , Pemuat yang sedang bekerja, Seorang Petani sedang mencangkul, seorang Manajer sedang menenteng koper dll. 

4. Menggambar Pohon

Penguji memberi tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria yang disampaikan oleh penguji pada saat test akan dimulai, contoh : Peserta diwajibkan menggambar pohon Dycotil kecuali pohon mangga, artinya pohon mangga dan pohon monocotil jangan digambar. Usahakan menggambar secara detail.

5. Wartegg Test

Dalam test ini peserta diminta untuk menggambar / menyempurnakan bentuk bentuk yang ada dalam 8 kotak tersebut menjadi gambar suatu benda , tumbuhan, atau yang lainnya, kemudian diminta untuk memberi nomor atau menulis urutan yang telah dibuat.



Tips :
-          Dengarkan arahan


Demikianlah sharing pengalaman dari saya semoga semua yang mengikuti seleksi calon karyawan dapat diterima . Dan selalu jadilah diri sendiri. Karena diri sendiri itu sangat berharga . Aamiin.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

profile