Thursday 25 January 2018

Memetakan Potensi Perusahaan Perkebunan (part-5)



Pemetaan Potensi Sisa Hasil Produksi dan Kegiatan usaha.


Kebun Kelapa Sawit
Beberapa limbah dari pengolahan Pabrik Kelapa Sawit dapat dijadikan sebagai salah satu produk yang bisa dijual diantaranya adalah Cangkang, Tankos dan Limbah Cair

Cangkang

Isu mengenai energi baru dan terbarukan adalah momentum bagi perusahaan perkebunan untuk menambah income perusahaan, Cangkang merupakan salah satu alternative pengganti bahan tambang semakin banyak dilirik oleh pengusaha-pengusaha dari luar negeri sebagaiman dilansir oleh Bisnis.com, JAKARTA -- Ekspor cangkang sawit ke Jepang tumbuh 40% per tahun seiring dengan peningkatan penggunaan energi baru dan terbarukan dalam program bauran energi di Negeri Matahari Terbit

Cangkang yang selama ini hanya menjadi masalah bagi perusahaan setidaknya harus sudah mulai difokuskan untuk menjadi salah satu penyumbang pendapatan perusahaan. 
Penggunaan cangkang yang berlebih-lebihan di masing-masing Pabrik harus diidentifikasi permasalahannya. Untuk itu Kantor Pusat selayaknya mulai membuat suatu program insentif bagi Pabrik-pabrik yang bisa melakukan penjualan Cangkang, atau Hasil Penjualan cangkang dapat dikembalikan lagi ke unit-unit usaha sebagai modal kerja unit usaha atau sebagai biaya operasional tentunya dengan pembagian / rasio yang disepakati bersama antara unit usaha dan Kantor Pusat.


Tandan Kosong

Tandan kosong adalah dilema bagi perusahaan. Dimanfaatkan sebagai Pupuk Organik dibutuhkan biaya ya
ng cukup besar tidak dimanfaatkan menjadi sampah-sampah yang bertebaran di kaki lima dan di PKS sehingga rentan kebakaran.
Mencoba untuk menawarkan kepada pengusaha yang membutuhkan adalah solusi yang bijak . 
Begitu juga kepada PKS yang bisa melakukan pemasaran Tankosnya , Kantor pusat harus memberi apresiasi berupa insentif ataupun pengembalian hasil dari penjualan menjadi tambahan biaya operasioanl bagi unit usaha dengan rasio yang disepakati.

Limbah Cair

Pada kolam Limbah di PKS masih terdapat sisa-sisa minyak yang terbuang,beberpa pengusaha ada yang menginginkan untuk melakukan pembelian minyak kotor dari kolam limbah ini.
Namun penjualan dari Kolam Limbah Cair ini rentan adanya kongkalikong antara Pembeli dengan Pihak PKS, dimana dikawatirkan adanya kesengajaan dari Pihak PKS sebagai unit usaha sengaja membocorkan CPO ke Kolam Limbah, untuk itu dalam penjualannya sebaiknya ditangani langsung oleh Bagian Pemasaran Kantor Pusat.


Barang bekas / Besi Besi bekas

Pergantian peralatan, Afkir aktiva , afkir mesin-mesin dll perlu kembali di buat aturan yang lebih baik lagi agar setiap pengembalian barang bekasnya dapat memberi manfaat kepada perusahaan. Selain tercatat dan di simpan di gudang barang bekas berpa besi hendaknya juga tercatat berat dari barag bekas yang disimpan untuk mempermudah evaluasinya yang pada saatnya nanti dari barang bekas bisa memberi kontribusi pendapatan bagi unit usaha.. 


Pemanfaatan lahan kosong 

Jika kita melihat Laporan Manajemen mengenai luasan areal akan kita dapati beberapa areal diluar areal tanaman, bahkan ada areal yang kosong yang tidak ada tanamannya, pada areal-areal kosong ini bisa dimanfaatkan oleh unit usaha untuk menambah pendapatannya misalkan : penanaman polowijo, penanaman Buah, penanaman pohon yang dapat dimanfaatkan kayunya seperti Kayu Ulin, Kayu Mahoni, Kayu jati dll.

Pemanfaatan Gudang, Tangki Timbun dan Pelabuhan


Gudang Kernel dan Tangki Timbun di Pelabuhan


Beberapa gudang Kernel yang tidak terisi dapat dijadikan sebagai tempat penyewaan Gudang, begitu juga pada tanki timbun CPO dapat disewakan sekaligus sebagai tempat bongkar muat di Pelabuhan tersebut.

Kantor – Kantor di Pelabuhan dapat direhab kembali menjadi tempat pesanggrahan dengan view pesisir laut ataupun view pesisir sungai .

Demikian tulisan dari saya , dengan melihat dari awal tulisan dapat disimpulkan bahwa pemetaan sumber-sumber pendapatan di Perusahaan Perkebunan sangatlah penting guna menunjang pendapatan perusahaan,

Berbagai sumber pendapatan selain dari TBS kelapa Sawit, CPO, Kernel ternyata masih banyak sumber-sumber pendapatan yang perlu di gali lagi seperti yang telah saya utarakan sebelumnya seperti prospek agrowisata, Bahan Galian Tambang , Limbah , Lahan Kosong dllnya .Namun semua itu tergantung dari keberanian para pemegang jabatan dan kemauan yang keras serta keseriusan pengelolaannya  dari seluruh karyawan untuk memajukan perusahaan. Yen Wani Aja Wedi-Wedi Yen Wedi Aja Wani-Wani






No comments:

Post a Comment

Featured Post

profile