Friday 20 April 2018

Rencana Kerja Triwulanan

Rencana Kerja Triwulanan



Rencana Kerja Triwulanan yang merupakan turunan dari rencana kerja tahunan diperlukan untuk melakukan koreksi-koreksi yang disesuaikan dengan kondisi mutakhir atas kebutuhan dan ketersediaan Sumber Daya yang dimiliki oleh perusahaan serta melakukan perkiraan dalam 3 bulan mendatang yang lebih mendekati pada kondisi masa itu.

Didalam melakukan perencanaan triwulan diperlukan data-data tentang keadaan yang sebenarnya saat ini (kondisi saat ini), hambatan-hambatan dan peluang untuk peraihan sasaran.

Pada posting kali ini saya batasi pada perencanaan pemakaian sumber daya manusia / tenaga kerja untuk pemeliharaan Tanaman Kelapa Sawit pada areal TM dengan asumsi pekerjaan dilaksanakan oleh tenaga sendiri.

Ketidak cermatan dalam merencanakan pemakaian tenaga kerja akan membuat pelaksanaan pekerjaan di lapangan sulit dilaksanakan dan terkesan amburadul, bahkan tidak dapat terlaksananya pemeliharaan yang berdampak pada  ketidak efektifan, boros biaya dan tidak ekonomis.

Rencana Kerja Triwulan - Hallah Embuh
Hal yang paling utama didalam merencanakan pemakaian tenaga yang harus diketahui terlebih dahulu adalah JUMLAH TENAGA KERJA & FORMASI TENAGA KERJA saat ini kemudian kapasitas dari masing-masing tenaga kerja, jumlah hari kerja tersedia dan  prioritas pekerjaan yang direncanakan dalam satu triwulan tersebut.

Dengan terencananya pemakaian tenaga kerja yang lebih detail per orang per pekerjaan akan memudahkan petugas lapangan (Mandor I & Mandor) dalam mengatur/mengorganisasi tenaga kerja setiap bulannya, sebab pada perencanaan sudah tercantum nama-nama pekerja yang akan melaksanakan pekerjaan.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Rencana Kerja Triwulan - Hallah Embuh

No comments:

Post a Comment

Featured Post

profile