Monday 12 March 2018

Teknis Pemeliharaan Jalan



Pemeliharaan Jalan 


Jalan merupakan sarana utama di perkebunan kelapa sawit, dimana fungsinya sangat fatal sebagai sarana transportasi untuk lebih meningkatkan pengawasan (kontrol), pengangkutan produksi, pengangkutan pupuk, sarana transportasi karyawan dan pengangkutan lainnya. 

Karena pentingnya fungsi jalan, maka perawatan jalan harus terencana dengan baik dan juga memperhatikan musim/cuaca maupun produksinya.Pemeliharaan jalan bertujuan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap dalam keadaan baik sepanjang tahun, sehingga transportasi produksi dapat berjalan lancar Perbaikan jalan agar dapat diselesaikan pada semester-I sebelum panen puncak. 

Pemeliharaan jalan dapat dilakukan secara mekanis (menggunakan alat berat) maupun manual (menggunakan tenaga manusia) 

Secara manual 

Manual menggunakan tenaga manusia, meliputi pekerjaan menutup lubang-lubang dengan batu dan meratakannya agar tidak terdapat genagan air ,membersihkan kaki liman, pemeliharaan parit kiri kanan jalan yang bertujuan untuk menjaga agar jalan tetap dalam kondisi baik. 


Secara mekanik 

Menggunakan road greader untuk membuat bada jalan berbentuk batok tengkurap serta meratakan sirtu ke badan jalan serta membentuk parit kanan kiri jalan dan melakukan pemadatan badan jalan sekaligus meratakannya dengan menggunakan Road Roller. 



Rotasi pemeliharaan jalan : 

- Secara manual 12 x setahun 

- Secara mekanis 3 x setahun 



Norma satuan : 

- Secara manual 100-200 meter per hari orang kerja. 

- Secara mekanis dengan pengerasan 250-300 meter per hari kerja.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

profile